Lewat Program “Polantas Menyapa”, Satlantas Tanjungpinang Wujudkan Pelayanan Publik yang Humanis

Jasa Pembuatan Lagu

Tanjungpinang, Jurnalkota.co.id

Melalui program “Polantas Menyapa”, jajaran Unit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Tanjungpinang menyapa langsung masyarakat di Kantor Samsat Tanjungpinang, Jl. Basuki Rahmat, Kota Tanjungpinang, Rabu (8/10/2025).

Petugas Satlantas Polresta Tanjungpinang berdialog dengan warga dalam program Polantas Menyapa di Kantor Samsat Tanjungpinang, sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik yang ramah dan humanis.

Dalam kegiatan tersebut, petugas Polantas aktif berdialog dengan warga yang sedang mengurus administrasi kendaraan. Dengan senyum dan sapaan ramah, mereka memberikan edukasi seputar layanan kepolisian, mulai dari pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), pengesahan STNK, pembayaran pajak tahunan, hingga pengurusan BPKB.

Kasat Lantas Polresta Tanjungpinang AKP Arbi Guna Bimantara melalui Kanit Regident IPDA Dio Putra Adiansyah mengatakan, program ini merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik Polantas agar lebih humanis, cepat, dan bersahabat dengan masyarakat.

“Program Polantas Menyapa diterapkan ke seluruh personel lalu lintas, terutama yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Kami di Unit Regident ingin memastikan pelayanan seperti pembuatan SIM, STNK, dan BPKB dilakukan dengan ramah, transparan, dan mudah,” ujar Dio.

Ia menambahkan, pendekatan tersebut diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap Polantas, yang kini hadir tidak hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga mitra pelayanan publik.

“Dengan adanya Polantas Menyapa, masyarakat bisa merasakan pelayanan yang cepat dan nyaman. Kami ingin setiap warga yang datang ke Samsat pulang dengan pengalaman positif,” tambahnya.

Melalui program ini, Satlantas Polresta Tanjungpinang berharap kesadaran masyarakat terhadap tertib berlalu lintas dan kepatuhan administrasi kendaraan dapat semakin meningkat.

“Kami ingin membangun kepercayaan masyarakat bahwa Polantas hadir untuk melayani, bukan menakuti,” tutup IPDA Dio.

Sikap ramah petugas Polantas di lokasi pun mendapat apresiasi dari warga. Salah satu wajib pajak, Andri, mengaku senang dengan pelayanan yang diberikan.

“Sangat membantu, ya. Dari awal sampai urusan pajak selesai, saya dibantu petugas. Bisa tanya-tanya soal pajak dan aturan lalu lintas dengan santai,” kata Andri.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *